Selasa, 08 Maret 2011

Segitiga simetris adalah formasi chart dimana lekukan/slope dari price’s highs dan lekukan/slope dari price’s lows bertemu pada satu titik sehingga terlihat seperti sebuah segitiga. Pada formasi ini terjadi lower highs dan higher lows pada harga pasar. Artinya baik pembeli maupun penjual sama-sama terus menekan harga sejauh mungkin untuk membuat trend yang jelas. Jika ini merupakan peretempuran antara pembeli dan penjual, maka hasinya adalah draw.
Aktivitas ini disebut juga konsolidasi.
Segitiga Simetris
Pada chart di atas, dapat kita lihat baik pembeli maupun penjual tidak ada yang dapat menekan harga sesuai arah yang mereka inginkan. Ketika lekukan kedua arah ini semakin dekat antara satu sama lain, artinya akan segera terjadi breakout. Kita tidak mengetahui kemana arah breakout akan terjadi, namun kita bisa mengetahui bahwa akan terjadi breakout pada market. Pada akhirnya, hanya akan ada satu sisi market yang akan dimasuki.
Jadi bagaimana kita bisa mengambil keuntungan dari keadaan ini? Sederhana saja, kita dapat meletakkan entry order di atas slope dari lower highs dan di bawah slope dari higher lows. Semenjak kita mengetahui akan terjadi breakout, kita dapat memboncengi arah manapun yang dituju oleh harga.
Strategi Segitiga Simetris
Pada contoh ini, jika kita memasang entry order di atas slope dari lower highs, maka kita akan dapat memboncengi harga sejak awal terjadi kenaikan harga. Jika Anda memasang entry order lain di bawah slope dari higher lows, maka Anda bisa membatalkannya ketika order yang pertama tereksekusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar